REVIEW TRAVELLING

SHORT GATEWAY : HERBANA TRIP

Sebagai orang yang besar dengan makan sayur, sempet jadi atlit dan punya pola hidup (lumayan) teratur (dulunya), saya sempet besar kepala ga mau hidup deket-deket sama vitamin, suplemen dan obat. Dulu kupikir yang penting pola makan teratur (mostly plant based), punya kualitas aktivitas (termasuk olahraga) dan istirahat yang seimbang dan bahagia serta seimbang secara emosi itu cukup. Tapi ternyata hidupku ga melulu bisa selancar itu hehe. Kadang-kadang ada aja keadaan lagi ga bisa punya hidup yang seideal biasanya, apalagi soal pola tidur (disclaimer : saya susah banget tidur sebelum jam 2 malem). Sampai akhirnya sekitar tahun 2017, Temen saya Azri ngajakin saya dateng ke event taneuh yang disupport oleh herbana.

Disana saya curhat tentang masalah kurang tidur saya. Singkat cerita mereka ngenalin saya dengan reliefSARI temulawak. Awalnya saya ga ngerti apa hubungannya temulawak yang kupikir awalnya cuma buat nambah nafsu makan doang sama susah tidur. Ooternyata, tidur malem itu bisa punya pengaruh sama liver dan temulawak adalah salah satu bahan alami untuk menjaga liver. Dari situ saya jadi banyak belajar soal konsumsi rimpang-rimpangan untuk suplemen tambahan yang betul-betul dibutuhin sama badanku. Soal rimpang, sebetulnya jamu memang adalah salah satu minuman favorit saya, tapi untuk konsisten menyediakan dan ngonsumsi jamu tiap hari sih lain cerita, karena ternyata saya belum mampu serajin itu bikin atau belinya haha.

Jadi, long story short, Setelah ngonsumsi (lumayan) teratur selama 2 tahunan, tiba-tiba beberapa minggu lalu saya dikontak team herbana untuk diajakin media trip ke solo : Herbana Experience ‘behind the scene” bulan juli 2019 bersama Mamir, Tasya, Andra, Nike dan Ayla yang dimana jadi latar belakang kenapa akhirnya pengen nulis blog ini.

DELTOMED FACTORY VISIT

Dulu awalnya kupikir herbana ini produk artisan lokal dengan branding yang bagus (seriusan dari awal saya selalu suka desain dan brandingnya!!), yang kebetulan kualitasnya sesuai dengan kebutuhanku sehari-hari. Etapi taunya herbana adalah produk lifestyle dari deltomed company yang juga bikin antangin.

Setelah sekitar 60 menit perjalanan darat dari Adi Soemarmo airport Solo ke daerah Wonogiri, kami semua sampai di Herbana’s factory (also part of Deltomed). Awal sampe, begitu turun mobil yang kuinget adalah aroma jamu dan mint yang super semerbak dimana-mana, ENAK BANGET!

Photo : Herbana & The third company team

Beberapa area yang dikungin selama disana :

Pertama, pabrik yang kami kunjungin adalah tempat penyimpanan bahan baku sortasi yang dimana batas penyimpanan bahan-bahan baku disini hanya 2 tahun sebelum diolah. Jadi kurang lebih, awalnya si bahan-bahan baku kering ini akan ditimbang, dicatat dan dikarantina dalam satu storage besar sebelum masuk proses sortasi. Nah proses sortir (sortasi) ini gunanya untuk misahin antara bahan baku siap pakai dan kotoran seperti batu atau rafia yang mungkin saja ga sengaja terbawa diproses sebelumnya.

Kedua, kami mampir ke area R&D dan quality control room. Yang dimana tempatnya ada di dalem sebuah bangunan yang super bersih dan modern (beberapa spot didalemnya ngingetin saya sama film-film sci-fi haha). Soal bersih itu artinya beneran bersih yaa, bukan cuma dari kotoran saja tapi juga virus, karenanya yang sakit ga bisa masuk karena dikhawatirkan bisa bawa virus. Kurang lebih seingetku ini semacem tempat untuk ngontrol dan cek semua produk sebelum akhirnya dipublish.

Lalu yang terakhir adalah bangunan utamanya yang ternyata meng-cover dari proses produksi sampai packing. Prosesnya pakai banyak sekali alat yang selama ini cuma saya lihat di film-film yang dimana cukup kompleks dimata awam seperti saya. Salah satu hal yang lovely buatku adalah karena mereka juga mikirin nasib waste-nya. Menurut info yang dibagi oleh staff disana, semua waste bahan baku akan di olah oleh pihak ketiga sebagai pangan ternak dan pupuk.

Ngomong-ngomong, setelah jalan-jalan muter-muter pabrik dan dijelasin banyak hal tentang herbana dan deltomed, saya baru tau ternyata pabrik sebesar ini dulunya diawalin dengan jadi home industry taun 1976. Hal-hal kaya gini bikin saya jadi lebih percaya lagi bahwa semua hal besar diawalin dari hal kecil hehe.

Photo : www.livingloving.com
Photo : Herbana & The third company team
Photo : Herbana and The third company team

HEALTH WELLNESS ACTIVITIES

Setelah seharian jalan-jalan di pabrik, akhirnya pulang ke hotel untuk ngelanjutin rangkaian acara yang lain. Seperti biasa, awal masuk hotel yang biasa saya lakuin adalah ngontak resepsionis untuk minta 1 jug air mieral untuk ngehindarin pemakaian air dalam kemasan. Ga sampai 5 menit jug-nya sudah sampai. Rasanya seneng sekali, desain kamarnya nyaman, bed sheets dan semua textilenya odorless dan fragrance free (ini penting buatku!!), kamar mandinya bersih dan pelayanannya super cepat dan koorperatif, Thankyou yaa Alila Solo!!

Salah satu yang menarik perhatian saya dari wellness activities Herbana kemarin adalah set menu buat dinner. Ada 4 menu makanan yang beberapa diantaranya di-infused with Herbana reliefSARI ingredients. Dari mulai salad udang yang dressingnya pake kulit manggis, ikan barramundi yang diolah pake kunyit dan ayam bakar yang dimbumbuin pake jinten hitam. Rasanya menarik semua dan abis makan aku tentu langsung kepikiran, kayanya besok-besok pas masak di rumah bisa juga nih diinfused pake reliefSARI. Sambil berdoa semoga ini bukan cuma wacana yaaa.

Photo : Herbana & The third company team

Udah makan dan spa di hari pertama dateng, besok paginya kami semua diajakin yoga outdoor. Yang ada diotakku awalnya “wapanasniih” otaunya aku salah sodar-sodaraaa, langitnya biru cerah, anginnya super adem, enak sekaliiii! Sayangnya cuma sejam waktu buat yoganya, padahal dengan suasana kaya gitu kayanya gue mampu berjam-jam child pose hahahaha.

Photo : Herbana & The third company team
Photo : Herbana & The third company team

RUMAH ATSIRI

Taun lalu saya dan nike sebagai konsumen setia essential oil, sempet kontakan cerita-cerita soal rumah atsiri. Pengen banget kesana tapi belum ada kesempatannya. Karenanya pas tau salah satu tempat yang bakal dikunjungin dalam rangkaian event ini adalah rumah atsiri dan sama nike pula, otentu sajaa aku senang sekali berkali lipaaat!!

Sejauh ini, mungkin rumah atsiri adalah salah satu museum terbaik yang pernah saya kunjungin. Letaknya di desa plumbon, daerah Tawamangu. Dulunya pabrik citronella Indonesia-Bulgaria dari era Bung Karno, tahun 1963. Sempet gonta-ganti kepemilikan dan fungsi, tapi semenjak tahun 2018 akhirnya jadi area edu-rekreasi, penelitian dan pengembangan minyak atsiri (essential oil).

Photo : www.livingloving.com

Ada banyak banget banget hal yang menarik, tapi buatku yang paling pertama narik perhatian adalah arsitekturnya. Menurut cerita temen-temen disana, awalnya rumah atsiri ini dibangun oleh arsitek bulgaria yang sampai sekarang bagian bata dan betonnya masih dipertahanin. Lalu tahun 2016/2017 ada penambahan bangunan-bangunan baru yang didominasi pake material baja oleh arsitek indonesia, Paulus Mintarga bersama StudioKita. Yang dimana hasil akhirnya bener-bener harmonis banget. Selain arsitekturnya, yang bikin gila ya tentu taneman-tanemannya. Ada lebih dari 30.000 taneman khas yang bisa dimanfaatin untuk industri rumah atsiri.

Disini kami ga cuma jalan-jalan keliling area dan dapet penjelasan taneman-tanemannya aja, tapi juga ikut wokrshop diy mask. Yang dimana tentu pake produk Herbana dan Rumah atsiri juga. Ohya, mereka baru akan soft opening oktober 2019 sambil gallery opening dan akan mulai grand opening oktober 2020 nanti sambil peresmian spa and sauna juga. Jadi kalo ada yang berminat kesana bisa dicatet juga dikalender mungkin waktunya hehe.

Buatku pribadi perjalanan singkat dan padat kemarin ini banyak ngasih perspektif baru. Ga cuma tentang kenalan jauh lebih dalem sama produk yang memang sudah saya konsumsi dari 2017 akhir, tapi juga tentang proses behind the scene mendesain hidup yang seimbang. Saya selalu setuju dengan prolog herbana : “living healthy should be simple and easy. But maintaining a healthy lifestyle is complicated.” Thankyou so much ya herbana sudah bantu saya ngasih pilihan yang lebih mudah untuk ngejaga pola hidup sehari-hari saya!!

Photo : www.livingloving.com
Photo : www.livingloving.com
Photo : www.livingloving.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *