TRAVELLING

THINGS TO DO BEFORE TRAVELLING

Sama sekali bukan dan ga ada niatan (atau belum?) jadi travel blogger dan kayanya ga sering-sering banget juga travelling. Tapi memang termasuk orang yang betul-betul nikmatin banget waktu liburan. Ditambah beruntung dapet pasangan kaya riza yang easy to go dan santay serta ikhlas-ikhlas aja untuk ditinggal (atau ninggalin) pergi. Keadaan ini tentu bikin saya jadi lebih seneng lagi untuk travelling (termasuk untuk nyiapinnya).

Nah, sebagai penikmat jalan-jalan, dibawah ini ada beberapa hal yang biasanya saya siapin sebelum pergi.

MAKE A CHECKLIST

Sebagai pelupa tingkat tinggi, yang paling pertama dilakuin sebelum siap-siap tentu adalah nyatet dulu semua hal yang kepikiran untuk disipain. Biasanya saya save di aplikasi notes di iphone/ipad dengan judul jelas, huruf besar dan bold serta dibuat list. Karena kadang setelah semuanya dicatet saya malah lupa naro catetannya dimana muehuehe.

PREPARE THE ITINERARY

Walaupun mengabdi kepada perjalanan spontan yang seru, tapi kalau soal destinasi where to go, things to see and what to eat sih biasanya selalu dibuat walaupun hanya berupa list. Karena menurutku ga semua daerah bisa randomly attract me. Perihal nanti itinerary-nya mau dipakai atau engga sih ga masalah. Yang penting ada pegangan ajaa, supaya ga ngabisin waktu ga jelas kebingungan yang ga menyenangkan nantinya hehe.

BOOK ACCOMMODATION

Beda sama waktu dulu masih muda belia dan belum pake jilbab, saya bisa random tidur dimobil orang lain atau kafe 24 jam, mandi di mesjid dan wc umum, makan dan ganti baju dimana aja. Sekarang rasanya ga bisa sebar-bar itu lagi haha. Siapin dulu tempat nginep kayanya hal yang lebih baik. Perihal nanti tiba-tiba mau improve tentu ga masalah.

 

LIGHT PACKING

Yang selalu menyelamatkan perjalanan saya kemanapun dan kapanpun dalam 5 tahun terakhir adalah light packing. Karena apalagi yang paling menyenangkan selain bisa fokus jalan-jalan tanpa terlalu ribet mikirin bawaab atau belanjaan. Ehya, soal light packing ini akan saya bahas dengan lengkap di blogpost lain yaa.

ALWAYS BRING SMALL BAG

Satu tas selempang kecil lengkap dengan sedikit printilan buat ngedukung jalan-jalan jadi lebih simple dan extra reusable bag kayanya pas banget buat saya. Printilan yang dibawa tentu bisa beda-beda untuk setiap orang. Tentang isi tas kecil saya secara umum, saya share disini yaa.

DOWNLOAD HELPFUL APPS

Sesederhana aplikasi untuk order tiket, booking tempat nginep, merencanakan itinerary, peta, sampai yang lebih spesifik seperti tempat makanan halal, tempat solat, tranlasi bahasa dll. Jangan lupa cari tau aplikasi apa yang bisa diakses dinegara yang kita tuju. Misalnya di korea, umumnya orang pakai naver maps atau kakaomaps dibanding gmaps. atau whatsapp call ga bisa dipakai di abudhabi, jadi mungkin bisa instal skype dulu. atau fb, twitter yang ga bisa diakses di china, jadi mungkin bisa cari alternatif lain dulu.

DOWNLOAD MOVIE/EBOOK

Sepengalamanku, mau solo travelling ataupun bareng orang lain, semenyenangkan apapun destinasinya atau sesibuk apapun jadwalnya, theres always a room buat baca buku dan nonton. Contohnya pas lagi nunggu boarding atau pas lagi flight. Selama dikonsumsi dengan batasan yang baik dan ga ganggu perjalanan dan teman perjalanan, nyiapin hal-hal kaya gini selalu jadi ide baik sih hehe.

MAKE & DOWNLOAD A SPOTIFY PLAYLIST

Buat saya, kadang nikmatin suasana, sambil dengerin lagu tipis-tipis tuh kaya semacem instant happiness banget. Contohnya waktu di shinjuku station denger lagu thom yorke ditengah orang-orang ngejar waktu, atau dengerin the flaming lips sambil sepedahan di bandung, atau karokean metric sama ija di jalan tol pas lagi macet, atau senandung utha likumahua sambil jalan-jalan sore, atau dengerin sufjan stevens tipis-tipis sambil kena semilir angin sambil ada tipis-tipis suara ombak di gili air. uuuuuuh mancep manceppp. Supaya ga boros kuota, lagu-lagunya bisa dimasukin playlist dan didownload dulu sebelum berangkat. Untuk akses dan intip-intip spotifyku bisa search : Astri yaa.

CUT NAILS, EYEBROW TRIM AND ELSE

Walaupun bukan termasuk yang jaga penampilan tapi udah pernah beberapa kali jalan-jalan tanpa gunting kuku dulu itu rasanya ga ngenakin. Selain nyangkut disana-sini, beberapa kali nyakar ija ditambah suka tiba-tiba patah. Jadi sekarang setiap sebelum pergi, pasti cek-cek gunting kuku dulu. Nah kl soal threading, ini lumayan penting buatku yang jenggotan dan kumisan. ngilangin 2 hal itu cukup buat ngebuat muka saya jadi less clutter tanpa makeup berlebih hauhaa.

LEARN THE LANGUAGE

Ya ga sampe les atau beli bukunya gitu sih, tapi seengganya nyatet atau ngafalin beberapa kalimat yang sering diucapin yang bisa bantu efektifin waktu dan komunikasi. Apalagi kalo kedestinasi yang minim bahasa inggris kaya negara-negara asia timur. Agak kapok juga, dulu sempet ngabisin waktu berjam-jam buat nanyain dan nyari-nyari tempat doang di china. Sebetulnya bisa juga manfaatin google translate, tapi sepengalaman ke district yang isinya orang tua

Beberapa contoh kalimat yang biasanya saya pakai seperti :

  • halo, permisi, maaf, terimakasih.
  • selamat pagi, siang malam
  • anda baik sekali,semoga harinya menyenangkan (siapa tau dibantuin orang kan yaa)
  • bolehkah saya ambil foto dan video disini? (karena takutnya ga semua tempat boleh ambil foto demi konten muehehe)
  • saya sedang mencari tempat ini, bisakah membantu memberikan arah lokasinya? bolehkah digambarkan disini? (karena kalo dijawab pake bahasa verbal, yamampus aku ndak ngertiii)
  • harganya berapa?
  • apakah ada menu berbahasa inggris?
  • apakah mengandung babi? saya tidak bisa makan babi, apakah ada alternatif tanpa protein hewani?
  • adakah makanan yang bisa dikonsumsi oleh vegan/vegetarian?
  • rasanya enak sekali, terimakasih banyak
  • saya sedang belajar mengurangi sampah dan bawa tempat makan sendiri, bolehkah pakai tempat makan saya pribadi?
  • saya tidak perlu plastiknya, bolehkah saya menolaknya? terimakasih
  • saya tidak perlu sedotannya, bolehkah saya menolaknya? terimakasih
  • Apakah saya boleh minta / beli air ini untuk isi ulang tumbler saya?

Berkaitan soal bahasa, yang ga kalah penting buat saya adalah pelajari kanji dan hangul babi, alkohol, gelatin, lemak babi dll supaya bisa sedikit lebih jaga-jaga sebelum konsumsi sesuatu.

Kayanya masih ada yang lainnya tapi kok malah lupa yaa haha. Nanti kalo tiba-tiba keingetan akan kuupdate deh yaa haha. Semoga membantu dan kalau kepikiran hal lain yang bisa bikin liburan jadi lebih mudah, mau yaa tukeran tips, boleh sekali kalo mau ditulis dikolom komentar. Terimakasih dan selamat liburaaan.

2 thoughts on “THINGS TO DO BEFORE TRAVELLING”

  1. Thankyou mbak, artikelnya sangat berguna. Soalnya saya nggak kepikiran mau install aplikasi review makanan padahal itu penting juga ya biar nggak ngerasa zonk. Meskipun rencana liburan saya nanti masih antar kota aja sih, belum antar negara 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *