TRAVELLING

#2 JEJU TRIP – itinerary tips

Sebetulnya nyiapin itinerary di jeju memang cukup bikin deg-degan buatku. Karena informasi tentang jeju yang kudapet saat itu kurang variatif, rata-rata grup jalan-jalan keluarga besar ketempat wisata turis atau vlog adik-adik yang gemar ngafe dan cari spot foto. Aku seneng kok ke tempat wisata atau cari tempat gemes-gemes, tapi butuh informasi lain juga nih. Akhirnya solusi datang dari variety show dan kdrama yang punya setting di jeju. Salah satu yang bikin ngasih banyak perspektif baru soal jeju mungkin adalah Hyori’s bed & breakfast (bisa dilihat di netflix yaa).

Eh ya, Jeju ini pulau kecil di bagian bawah korea. It’s an hour flight from Seoul and 4 hours by ferry from the nearest port city, Mokpo.

Sebelumnya kupikir jeju ini cuma pulau kecil yang bisa dikelilingin jalan kaki atau pake sepeda. Ternyata salah telak haha. Sepengetahuanku kemarin, jeju punya 2 downtown. Nah sedikit aja keluar downtown itu akan sedikit lebih lama lagi cari bus. Sedikit lagi lebih jauh udah makin lama dan makin susah. Lama-lama jarak halte akan makin jauh dan makin jarang dilewatin dan makin ga bisa diprediksi. Tapi berhubung saya dan riza tipikal yang merasa seneng-seneng aja untuk menunggu lama sekali dan jalan kaki jauh sekali, jadi ndak masalah.

 

 

Jadi cari-cari, tujuan utama ke jeju ini buatku pribadi ada beberapa :
– Jalan-jalan kaki santay ditempat yang dingin, asri dan banyak bunga (karena menurut kabar berita, jeju ini punya banyak sekali tempat yang ditumbuhin bunga dan pohon-pohon, dan ini betul adanya!! Setiap musim, sepanjang tahun bunga yang mekar gantian. Pas saya kesana akhir april-mei lagi banyak canolla, anemone, dll).
– Pengen makan seafood dan ngeliat langsung haenyo
– Hiking dan cari angin di mt. hallasan (ga terlaksana karena hujan besar seharian).
– Lihat kebun jeruk dan sayur di seogwipo.
– Liat dan nyicip fresh produce di dongmun market.
– Makan hallabong orange dan strawberry dan buah-buahan khas sana.
– Cari kimbap seafood dan makan di pinggir pantay sambil santay-santay.
– Cari kafe-kafe lucu dan santay-santay disana.

Setelah tau aktivitasnya apa, setelah itu saya cari tempat-tempat tujuannya. Nah untuk bikin itinerary, umumnya yang selalu kulakuin adalah :
1. bikin list where to go yang sesuai sama preferensi pribadi masing-masing dan orang-orang yang akan ikut dalam tripnya.
2. bikin list where to eat tentu (jika perlu) siapin juga informasi tentang harga dan komposisi kandungannya. Misalnya untuk kasusku dan riza, kami ga makan protein hewani dan turunannya kecuali seafood kalau lagi di luar negeri. Atau kalau ada yang sensitif atau alergi perlu juga dipastiin yang dimakan ini bebas bahan yang bisa mancing tubuh ga nyaman nantinya
3. list-list ini ga harus banyak (soalnya nanti malah bikin pusing dan ambisius sendiri)
4. masukin list tadi kedalam drop point di google maps. (beberapa orang merasa lebih nyaman pake naver dan kakaomaps di korea karena merasa gmpas ga akurat, tapi aku dan riza males pake 2 aplikasi itu karena tempat tujuan kita banyak ga ada disana dan pake hangul juga)
5. bikin itinerary berdasarkan daerah dan efektif jarak dan waktu yang terlihat di maps
6. perlu juga untuk kenalan dan mengerti gaya traveling masing-masing. Ada yang suka banget ngunjungin banyak tempat dalam sehari karena belum tentu bisa balik lagi. Ada juga yang senengnya santay aja satu-satu, kalau ga kekejar semua, yaa semoga ada rezeki lagi lain kali. Ada yang seneng ketempat turis atau ketempat yang lagi hype, artinya perlu siapin waktu lebih banyak soalnya biasanya perlu ngantri. Ada juga yang senengnya ketempat random, artinya perlu nyiapin rasa ikhlas soalnya belum tentu dapet yang seru sesuai ekspektasi. dll dll.
7. Dari setiap liburan, saya selalu siapin 1 hari kosong buat balik lagi ketempat yang menarik atau buat istirahat supaya fisik dan mental juga tetep sehat dan ga overwhelmed.
8. Jangan lupa : Less expectation trip is the best expectation hehe.

Semoga tips-tips dariku yang sebenernya ga pengalaman-pengalaman banget ini bisa bantu untuk temen-temen yang ada rencana ke jeju yaa. Kalau ada yang masih bingung, boleh banget kita lanjut ngobrol di kolom komen bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *