TRAVELLING

#6 JAPAN TRIP – HAKONE OPEN AIR MUSEUM

Menunda-nunda sesuatu (hampir) selalu berakhir penyesalan adalah kalimat yang tepat untuk saya waktu memutuskan nulis blog ini selang setaun setelah pergi kesana. Karenaaa terlalu banyak detail informasi yang kelupaan huhu, jadi maafkan kalau dirasa kurang lengkap yaa.

Oke, jadi gini..

Rewind to 2018, sekitar sebulan sebelum pergi, tanto cerita soal Hakone Open Air Museum ini. Karena kata “open air museum” itu diotak saya menarik banget, jadi memang langsung googling saat itu juga dan terngangaa lihat hasil googlingnya, jadi langsung dimasukin ke itinerary untuk didatengin bareng ija dan ifa, adikku.

Location, Hours & Fees

Hakone ini letaknya ada di daerah kanagawa, posisinya bagian bawah tokyo, setelah yokohama. Kalo itungan dari tokyo station (lagi-lagi tokyo station yaaa biar tengah haha) sih sekitar 1.30-1.50 menit. Transportasinya pake JR sampai Odawara Station. Yang dimana area odawara ini bagus banget menurutku. Banyak yang jualan makanan khas daerah itu, termasuk kamaboko atau fishcake disisi kanan kirinya. Ternyata memang ada salah satu district di hakone yang memang semaca desa pembuat kamaboko. Nah tapi-tapi..kamaboko yang saya coba menurut saya ga spesial. Jadi ada baiknya menimang-nimang dulu sebelum beli hehe. Dari odawara dilanjut pake local line sampe ke Hakone-Yumoto Station, yang dimana sepanjang jalan bener-bener mirip scene di film totoro di tengah-tengah hutan. Dari Hakone-Yumoto st. jalan sekitar 5 menit saja menuju open air museum.

Ohya, area hakone ini menarik banget. Selain Open Air Museum yang saya datengin ini, ada banyaaak banget museum dan area wisata lain. Sayangnya kemarin ga sempet ketempat lain, tapi mungkin lain kali kalau ada waktu dan kesempatannya mau bangettt kesini lagi.

Begitu sampai disana, akan langsung disambut dengan area locker, jadi aman untuk yang akan kesana sambil bawa koper. Harga tepatnya saya lupa, tapi sama kaya locker di stasiun tokyo kok. Tepat disebelahnya ada area ticketing, saya ga tau bisa beli online atau engga, karena kemarin sih beli on the spot dan ga ngantri juga hehe. Admissionnya sekitar 1600 yen yang dimana menurutku super worth to visit. Museum ini buka setiap hari dan jam bukanya 9am – 5 pm (entry until 04.30 pm). Nah tapiii, karena tempatnya super luas dan objeknya super super menarik 5 jam jalan-jalan disanapun rasanya masih kurang. Jadi perlu diperhitungin juga waktu kedatangannya, jangan sampai mepet.

Soal tempatnya yang luas banget itu jangan khawatir, kita akan dapet maps untuk pegangan kok. Kalau buatku yang sedang berusaha ngurangin sampah dan ga suka ribet, mapsnya saya foto di hp, lalu dikembaliin ke ticketing (mereka membolehkan kok). Jadi kalau butuh tinggal liat hp hehe.

Whats inside

The Hakone Open Air Museum (Hakone Chōkoku No Mori Bijutsukan) successfully attempts to create a harmonic balance of nature and art. Rasanya literally kaya liat ada banyak banget sclupture menarik ditengah-tengah gunung dan pohon-pohon. Area dalemnya ini memang luas banget dan dibagi ke beberapa section, kurasa sekitar 85% outdoor dan 15% indoor (persentase ini tentu saja ngarang yaa haha).

Kalau ditanya apa yang paling membekas selain pengalaman liat karya seni ditengah tempat sebagus itu, jawabannya mungkin adalah Picasso Exhibition Hall. Isinya massive banget. dari mulai lukisan, keramik, karya-karya sampai dengan penjelasannya yang sejujurnya ga semuanya aku ngerti, tapi pas ngeliatnya seneng banget. Ehya, area ini ga bisa difoto, jadi saya ga ada dokumentasinya hehe.

Selain itu saya juga suka banget Symphonic Sculpture, yang rasanya lebih mirip tower dibanding scluptre karena emang segede tower. Bangunannya melingkar penuh diisi kaca patri warna-warni. Kalau kita naik tangga sampai keatas, kita bisa liat museum ini dari roof topnya, anginnya gede banget tapi bener-bener nikmat banget.

 

What i think

For me, its like a highly addictive museum. kalau ada kesempatan buat dateng lagi rasanya pengen banget kesini lagi. Keliling-keliling 5 jam rasanya kurang banget.

Kalau dateng dimusim dan cuaca yang tepat, suasananya bener-bener nyenengin banget. Saya kesana pas lagi spring. Udaranya dingin, sinar mataharinya anget, Cuacanya cerah, Pohon dan bunga semuanya bloom dan langitnya super biru, cantik banget!!. Kayanya kalau kesana pas autumn juga bakal bagus banget karena momijinya bakal keliatan jelas banget. Ga begitu rekomen untuk didatengin pas musin dingin atau panas sih kayanya, karena sekitar 90% areanya ada di luar ruangan.

What to eat

Sebetulnya didalem area hakone open air museum ini ada kafe, coffeeshop dan area buat beli artisanal food. Seingetku menu di kafenya kaya international food gitu, spaghetti, hot dog dan burger. Karena riza punya halal issue, dari sebelum masuk, kita beli beberapa cemilan dan makan siang dulu di lawson (posisi lawson ada tepat disebrang museum). Jadi di dalamnya kita piknik-piknik santay dulu sambil makan. Sejauh mata memandang sih semua orang juga banyak banget yang bawa makan dari luar dan makan diarea depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *