CONSCIOUS LIVING DAILY LIFE SELF THOUGHTS

20 HABITS TO IMPROVE MY EVERYDAY LIFE part 1

Halohalo! walaupun sudah telat hampir sebulan, tapi selamat tahun baru 2019!!

malam tahun baru ini sama seperti tahun baru saya sebelum-sebelumnya, yang dimana sama juga seperti malam hari pada umumnya sajaa haha.

Eh tapi ada satu yang spesial!

Saya ketiduran jam 8 malem lalu ga sengaja kebangun sebentar denger kampung tetangga bunyiin petasan keras banget, lalu bangun subuh dalam keadaan super segeeer banget. Buat saya yang bukan morning person, hal kaya gini mewah banget dan rasanya pengen diulang aja terus jadi keseharian. Tidur ga terlalu malem (ya tapi ga jam 8 terus juga wkwk) lalu bisa bangun subuh super seger dan enak.

Jadi pagi ini 1 januari 2019 sambil nikmatin angin sepoy-sepoy di lapangan banteng, saya jadi pengen nulis tentang beberapa kebiasaan kecil yang banyak merubah dan mempermudah hidup saya yang beberapa tahun terakhir ini sudah dan lagi saya bentuk untuk saya pribadi.

Ehya, sebelumnya ada satu quotes yang saya suka dari ryan and josh, katanya :

“Our childhood shapes us. but once we leave our childhood “home”, we get to form how we want our lives to be.”

Saya termasuk orang yang percaya kalo diluar segala keterbatasan yang ada sebagai manusia, kita bisa ngebentuk sendiri diri kita sesuai dengan yang kita mau. Ga melulu harus nyalahin gimana orang tua atau lingkungan ngebentuk kita dulu (atau sekarang). Kalau dirasa ada yang kurang atau salah dan mau diupgrade, walaupun ga mudah tapi mungkin bisa dicicil sedikit-sedikit.

Beberapa kebiasaan baik yang (cukup sering) berhasil diterapin dan sangat membantu keseharian disepanjang 2018 dan pengen lebih dimantepin lagi di 2019 adalah :

  • Drink enough water

Setelah cukup lamaa berpisah dengan minuman instan dan kemasan pabrikasi, akhirnya menemukan kembali nafsu dan ritme untuk banyak minum air. Hasilnya saya yang dulu sering simbelit ini jadi jauuuuh lebih lancar hahha.

  • Start with good breakfast

Buat saya yang jauuh dari morning person, nikmatin pagi dengan sarapan adalah kegiatan yang super nyenengin tapi susah dilakuin haha. Taun 2018 kemarin akhirnya (sedikit) lebih sering lihat matahari pagi sambil sarapan. Taun 2019 pengennya punya momen ini lebih banyak lagii. Ohya, ngomongin tentang menu sarapan, umumnya saya makan apapun yang ada dan mudah. Dari mulai buah potong, salad sederhana, kukusan ubi atau kentang, sampai makanan sisa malam hahaha

  • Move my body – Do sports or take a walk

Percayalah status mantan atlit itu ga selalu ngaruh bisa tanggung jawab sama badan sendiri, kalau males ya males ajaaa haha. Setelah digeder olahraga melulu pas masih jadi atlit, disambung kemana-mana pake sepeda pas di bandung, lalu sempet off olahraga beberapa tahun awal di jakarta, akhirnya tahun 2018 pinjem treadmill papa dan mulai rajin lari dan yoga lagi di rumah. Pengennya jadi ada peningkatan olahraga diluar rumah lagi nih buat taun ini, doain yaa!!

  • Take more time to pray / meditation (be grateful – be peaceful)

Pengakuan dari yang dulu kalo solat suka buru-buru dan menyepelekan arti meditasi. Hidupku sekarang jauh lebih tenang dan nyaman justru karena ngasih ruang dan waktu untuk hal-hal ini.

  • Enough sleep

Masih jauh dari berhasil karena nikmat kerja dan nonton serial malem-malem (atau kadang sampe subuh) terlalu kuat haha. Tapi sedikit-sedikit mulai geser waktu tidur walaupun sering kali kacau lagi ketika lupa diri. Butuh lebih banyak rasa sayang sama diri sendiri lagi nih kayanya supaya badannya ga rusak tidur malem melulu. 

  • Yearly goal – monthly goal

Walaupun yang ditulis cuma goal-goal kecil yang ga ambisius, tapi ini ngebantu banget buat on track nentuin tujuan apa yang mau di achieve. Setelah ini mungkin akan nulisin goal yang lebih besar hehe.

  • To do list and try to stick to them

Sebagai makhluk freelance yang ga punya jadwal pasti, ini penting banget-banget. ga cuma nyatet deadline atau janji meeting tapi juga urusan kapan harus nyapu, ngepel, ganti sprei dan hal-hal yang keliatannya sepele tapi bisa keskip kalo ga ditulis.

  • Make time doing activities outdoors (vit D is good for our body)

As a homebody dan pake jilbab, sejujurnya salah satu hal yang bikin males banget berjemur adalah adegan harus pake jilbab dulu haha iknow iknow ini receh haha. Tapi setelah tes vit D dan hasilnya ternyata kuraang banget, sekitar september 2018 jadi mulai rajinin lagi buat berjemur dari jam 10 pagi minimal 1 jam (menurut dokterku, kalau tanpa jilbab 30 menit juga cukup). Ohya, berjemur ini bener-bener tepat ada dibawah sinar matahari yaa, biasanya saya nikmatin panas jakarta ini sambil nyabutin rumput, ngurus sayur dan taneman atau baca buku.

  • Eat whole food, stock my pantry and cook from scratch

Karena siapakah yang bisa nolak kulkas yang bersih dan rapi dan citarasa makanan rumahan? hahaha. Sudah berhasil dilakukan bertahun-tahun terakhir dan semoga tetep bisa dilakuin bertahun-tahun kedepan jugaa. Soal alesan dan penjelasan tentang hal-hal terkait ini dan foodprep itu apa dan bagaimana, bisa cek disini, atau disini yaa haha.

  • Spend time with loved ones and tell them what i really feel

Buat orang yang punya energi besar buat nyayangin dan disayangin orang-orang terdekat kaya saya, ini rasanya salah satu yang terpenting. Ga harus selalu yang niat kaya liburan bareng dalam waktu yang lama (walaupun ide ini tentu nyenangin banget). Upaya-upaya kecil kaya Ngajak papa kencan kilat sambil traktir eskrim sambil bilang i love you 100x (HAHA) atau Melukin mama ajak makan baso bareng atau Telfonin ade bilang kangen atau Pas ija pulang kasih kejutan minuman kesukaan dia. Whaa jadi kangeeen!!

  • Learn to read and listen more

Salah satu hal terbesar yang saya upgrade dari pola pandang saya dan pengen saya jadiin kebiasaan adalah untuk belajar lebih banyak denger dibanding menjadi reaktif. Hal ini ga gampang buat saya yang skeptis dan kadang sok tau haha. Tapi setelah beberapa kali usaha buat diterapin, rasanya enaaak banget dan ternyata ada banyak pandangan-pandangan saya yang salah sebelumnya haha.

  • Try to embrace what i feel

Dulu setiap punya bentuk emosi negatif rasanya pengen dilawan untuk alasan yang seolah-olah baik dan heroik, hasilnya saya jadi ga kenal sama emosi negatif. Padahalkan manusia dibentuk sama banyak banget variabel, ga melulu yang baik-baik aja. Sekarang semua bentuk emosi apapun akan lebih saya terima, resapi dan pelajari dulu. mau positif ataupun negatif.

  • Declutter my life

Salah satu hal terbaik sepanjang 5 tahun terakhir adalah belajar melepas barang-barang yang ga saya butuhin dan ga bikin saya seneng. Yang ternyata setelah dipelajarin lebih banyak, declutter ini bukan melulu soal barang fisik tapi juga emotional, digital, spiritual dan mental. Tentu ga semuanya langsung berhasil diterapin. Butuh bolak-balik belajar dan trial error. Oh ya, hal terbesarnya bukan tentang seberapa dikit barang yang bikin hidup saya lebih nyaman. tapi mungkin ketika saya lebih fokus dan bertemu ikigai buat hidup saya akhirnya. 

  • Keep a tidy and clean home

Dulu sampe dimarah-marahin mama buat bersihin rumah, sekarang rasanya seneng banget bersih-bersih. It change my life for sure! Salah satu bentuk kecintaan terhadap beres-beres dan bersih-bersih adalah menjadi kontributor untuk rubrik ini di livingloving bersama gadis-gadis antasari. Jika ada yang mau membaca, bisa langsung menuju kesana yaa.

  • Only buy necessities

(lagi-lagi) Kalo kata ryan dan josh “use thing and love people, because the opposite wont work.” Walalupun saya ga ngerasa sebagai orang yang minimalis, tapi saya seneng banget ngadopsi beberapa gaya hidup minimalis, belajar kenalan sama wants, needs, desire diri sendiri dan belajar kenalan dengan perasaan cukup. Lalu menyadari bahwa mungkin hal yang paling mewah didunia ini adalah perasaan cukup.

  • Always make me time (music, movie, diffusing fave aroma, meal treat etc)

Karena orang yang paling bertanggung jawab atas kebahagiaan kita tentu kita sendiri hehe. Diluar itu ngasih reward sederhana ke diri sendiri buatku kaya bisa nambahin energi juga buat lakuin hal-hal yang lain. Life is good Life is fair and i love my life.

  • Make grateful list

Awalnya hampir setiap weekend nulis apa yang didapet atau dirasain. positif boleh negatifnya juga boleh. dari hal yang receh sampe hal yang besar. Dari mulai hidung udah ga mampet waktu flu, cuaca lagi cerah jadi cucian cepet kering, bisa tidur cepet, sampai hal yang lebih besar. Semacam jadi pembuktian bahwa ada banyak banget rezeki dan nikmat yang saya bisa rasain dalam satu hari. Karena katanya love what you have before life teaches you to love what you lost, hal ini buat saya ga hanya berlaku untuk manusia tapi juga untuk momen-momen yang saya rasain.

  • Give myself a chance

Kadang ada banyak hal yang pengen dicoba tapi ga berani ngasih kesempatan diri sendiri buat nyobanya. Taun lalu saya kasih kesempatan diri sendiri untuk nulis blog padahal merasa ga bisa nulis, Taun ini saya mau ngasih diri saya kesempatan berkembang untuk nulis buku dan bikin video. Mungkin akan norak, mungkin akan gagal, mungkin akan hanya jadi wacana, mungkin juga bisa jadi banyak pembelajaran baru.

  • Make a routine

Punya rutinitas kadang emang menjemukan tapi kadang ga punya rutinitas yang baik juga belum tentu selalu jadi ide yang lebih bagus. Biasanya setiap saya pengen aplikasiin kebiasaan baru, saya bakal kenalan dulu sedikit-sedikit lalu coba pelan-pelan masukin jadi rutinitas harian. Kadang berhasil tapi sering juga akhirnya kembali ke kebiasaan lama haha.

  • Give some space for failure

Diluar dari semua usaha yang saya lakuin, tentu ada banyak variabel lain yang ga bisa saya kontrol sebagai manusia. Jadi selalu kasih ruang buat salah, gagal, minta maaf dan belajar dari kesalahan adalah hal yang bikin saya ngerasa jadi lebih humanis.

Whii panjang juga yaa haha, tentu ga semuanya saya aplikasiin berbarengan. Biasanya saya coba satu-satu sambil dicerna pelan-pelan dulu setiap mau upgrade atau aplikasiin kebiasaan baru.

Sebetulnya blogpost ini kayanya udah lama ada di draft, tapi selalu maju mundur melulu setiap mau di post hehe. Semoga ga bikin cape yaa bacanya haha.

Ohya, kalau kamu gimana? adakah yang mau share kebiasaan-kebiasaan yang mau dipertahankan atau mau dibentuk buat kedepannya?

39 thoughts on “20 HABITS TO IMPROVE MY EVERYDAY LIFE part 1”

    1. haha iyaa, kalo aku sih nyoba aja dulu pelan2. soal konsisten sih belakangan. kalo konsistennya dipikirin melulu didepan, nanti malah ga nyoba nyobaa hehe

  1. Bener bangeeet. Hal paling mewah di dunia ini adalah rasa cukup ato istilah religiusnya qona’ah(cmiiw). Itu salah satu doa yg selalu aku ucap belakangan ini, baik untuk diri sendiri, suami dan anak2… karena merasa cukup sungguhlah sangat nikmat rasanya.

  2. pengen bikin blog juga rasanya, tapi ga pede karena setiap bikin narasi dibaca sendiri dan ngeliat terlalu terbelit belit yg udah diketik, diapus lagi, ketik, apus lagi akhirnya ga jadi jadi haha.. susah nuangin fikiran yg di otak ke dalam tulisan, hasilnya pasti ancur dan ga sesuai apa yg mau disampein, kek nulis komen ini udah brp kali edit ya ampun hahahaa

    1. sama kook, itu juga yang saya lakuin dan rasain selama ini haha.
      menuangkan yang ada diotak memang ga mudah tapi menurutku bukan berarti ga bisa dipelajari sedikit-sedikit hehe

  3. Waah, ini semacam evaluasi dari tahun kemarin yaa, sy jg ngerasa ngerasa tahun kemarin mulai lebih ‘menata’ hidup sesuai dg yg diinginkan dan lebih ‘sadar’, lebih banyak cari ilmu, liat2 referensi ‘cara hidup’ org2 yg sy anggap “ini nih!” (termasuk dari blog ny mba atiit hihi) dan bs memilih mana yg ingin sy jalani (meskipun kok kyknya ini itu mau semua.. Haha)
    Harapannya semoga konsisten dan makin fokus kali ya, selama ini sy jg sk bikin bullet journal tp kok suka melenceng aja,blm berfungsi maksimal 😀

  4. Helo mba atit! Aku mau tanya kalau aplikasi yang biasa di pake untuk to do list apa ya? Yg praktis dan mudah untuk di tracking?

    1. Haihai nindy! saya biasa pake google calender supaya ga terlalu banyak aplikasi. semuanya saya satuin disitu dipisah berdasarkan folder dan warnanya 🙂

  5. Apa saja sih yang dilakukan kak astri tiap harinya kok bisa jadi freelance,untuk hidup sehat sih aku udah lumayan kaya meditasi,spiritual,motivasi,tapi aku pernah buat jadwal dan itu cuman berjalan 2 hari setelah nya udah dan skarang berasa banget manfaatnya,bagaimana cara untuk jadi freelance??

  6. Kak Atit bilang dulu kalo bersih-bersih sampe harus disuruh mamanya, sekarang bersih-bersih udah kayak hobi hiihii boleh sharing dong ka ko bisa? Soalnya aku tipe orang sehari rapi (Sabtu/Ahad) 6 hari berantakan :” terima kasih kak Atit 🙂

  7. Kak Atit bilang dulu kalo bersih-bersih harus disuruh dulu sama mamanya, sekarang bersih-bersih udah kayak hobi hiihii boleh sharing dong ka, kok bisa? Soalnya aku tipe sehari rapi (weekend) 6 hari berantakan (weekdays) :” makasih kak Atit 🙂

      1. Baik kak, terima kasih 🙂 saya follower ig kak Atit, tapi belum pernah baca bagian cerita yang ini, semoga kapan2 nemu ehe

  8. thanks mba atit… beneran deh tulisan nya menginspirasi saya.. saya susah untuk memulai mba..
    itu hal tersulit buat saya.. ide dan teorinya bener.bener udah kebanyakan tapi sampai sekarang belum sempat diaplikasi kan. kalau saya mau tau banyak soal kompos sisa bahan makanan yang bisa diaplikasikan pemula kayak saya, kira-kira artikel yg mana y mb yang bisa mba referensikan buat saya?

    1. haloo kalo soal kompos kayanya saya belum pernah bener2 tulis deh, tapi mungkin bisa cek tulisan saya di livingloving.net tentang waste yaa

    1. bisa dengan bikin mealplan, bisa dengan belanja bahan makanan yang nutrisinya baik, bisa dengan googling “easy healthy breakfast recipe”. banyak kok. kalo buatku yang lebih penting adalah tantangin diri untuk mulai aja 🙂

  9. Tulisannya..ide2nya..seperti mewakili apa yg saya fikirkan..Alhamdulillah sebagian point2 basic sudah diaplikasikan dalam hidup sehari2 seperti minum air putih yg cukup, breakfast yg sehat, olah raga, beberes walo rasanya blm beres2..hari ini beres besok ada lagi dst.. 😋

    Yang belom dilakukan ngelist grateful nya dan bolong sana sini yg perlu diimprove tiap harinya..

    Dan ternyata saat ide2 itu tertuang wooww rasa nya jadi sesuatu yg besar ya..thank you mba Atit atas inspirasinya ya 😘🙏

  10. mbak atit tanya dong..tentang emosi negatif setelah kita menerima energi negatif terus energinya kita apakan? wkwk pertanyaan macam apa ini

    1. Kalau buatku, yang paling pertama dikenali dan dicerna dulu. Manusia makhluk yang sederhana sekaligus kompleks. Kadang saya ga tau alesan kenapa saya punya emosi negatif kalo ga kenalan 🙂

  11. Tahun 2019 ini berusaha mengurangi penggunaan plastik. Minggu-minggu awal masih suka males bawa tumbler, sedotan, dan alat makan sendiri. Masuk bulan ke-2 setiap mau pergi jadi ngecek dulu 😀

  12. Blog yang sangat menarik mba, bener-bener ringan dan bisa menjadi referensi untuk kita yg sedang memulai segalanya menjadi lebih baik.
    Ada beberapa hal yg memang masih mengganjal dalam diri sya terkait dengan poin “Spend time with loved ones and tell them what i really feel”
    karena aku tipe orang yg tidak se ekspresif mba atit x ya, untuk mengungkapkan segalanya sangat sulit apalagi yg harus bersinggungan dg orang lain sekalipun itu orangtua.

    Butuh masukan nihh untuk poin itu mba.

    1. haloo antikk,

      hal ini aku tulis berdasarkan karakterku sendiri. kalo antik punya karakter yang beda sepertiku tentu gpp doong. bisa cari cara yang nyaman buat antik sajaa 🙂

  13. Selalu dan selalu menginspirasiiiii 💙💙💙💙💙 terimakasih terimakaisiiii mba Atit tulisannya :’)
    #walaupun telat baca 🙈

    Tahun ini mau hidup sehat (mengurangi makan di luar rumah) doakan semoga berhasil yaa mba Atit ☺🤗

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *