COOK & RECIPE MAIN COURSE

FESTIVE LUNCH AT HOME

Kalo kata orang : “There is no gift more generous than a homecooked meal prepared with care.”

Ada benernya juga sih, kadang dikasih hadiah yang disiapin sendiri itu rasanya memang lebih istimewa. Yang dirayain kali ini bukan ulang taun atau anniversary sih, malah sebenernya saya sama riza bukan tipikal yang ngerayain hal kaya gitu. Tapi kalaupun merayakan ulang taun, whether riza turning 12 or 40, we will enjoy sharing a special meal surrounded by close friends and family.

Buat saya, anak rumahan yang sehari-harinya hidup, kerja, istirahat, beraktivitas mostly di rumah, ide buat bikin makan siang dirumah gini sebenernya antara spesial ga spesial sih haha. Yakan soalnya tiap hari juga bikin makan siang yaa hehe, Tapi sekali-kali agak lebih niat dibanding biasanya. Ngomong-ngomong bikin quality time gini dirumah tentu ada plus minusnya, contohnya :

PLUS-nya :

  • bisa nyiapin makanan dalam mode yang nyaman banget, atau malah jadi kaya me time kalo buatku.
  • bisa punya total kontrol sama pengeluaran.
  • ga harus makeupan dan mikir pake baju apa nanti.
  • ga keganggu sama playlist tempat makan yang kadang suka kurang pas (rumah makan jepang kok muter lagu korea huhu, atau seengganya bukan sabrina pliss!)
  • pilihan menunya ga terbatas (appetizer mexican food tapi main course tetep makanan sundapun bisaaa)
  • ga pake macet, susah nyari parkir dan waiting list dulu.

Tapi tentu segimanapun kita hanya ingin baik-baiknya ajaa, tapi dunia ini sepaket antara yang baik dan yang buruk yaaa haha. Beda dengan makan diluar yang abis bayar tingal pulang (lalu mungkin macet-macetan lagi hehe), kekurangannya dari perayaan dirumah adalah :

MINUS :

  • harus nyiapin ekstra waktu, semangat dan tenaga buat nyiapinnya
  • lalu waktu, semangat dan tenaga itu harus tetap dipupuk hingga datang waktu untuk cuci piring dan beres-beres diakhir.

Oke, lupakan dulu sebentar minusnya haha, sebetulnya sih kemarin pengen outdoor lunch. Tapi karena kebetulan rumah saya kecil banget dan ga ada taman belakang atau samping dan ga mungkin juga giring meja makan ke carport tar ditontonin tetangga hehe, jadi yang paling memungkinkan adalah geser-geser meja makan dikit ke deket jendela. Beruntung dirumah ga banyak barang dilantai dan semua furniture dirumah memang geserable, jadi proses ini super cepet dan mudah. Ditambah ternyata geser-geser furniture rasanya kaya ngasih suasana baru.

Ngomong-ngomong soal hal ini, ada beberapa elemen yang menurutku bisa mempengaruhi acara makan-makan lucu dirumah, Diantaranya adalah :

FOOD

Sebenernya setiap masak saya selalu mikirin menu yang sesuai dengan bahan-bahan yang ada dikulkas. Nah kemarin ini saya masak makan siang agak-agak berbau jepang karena ngiler pas lagi nonton anime. Yes, yes, saya sering banget begini. Dibanding makanan yang beredar di postingan social media, tingkat ke-bm-an makanan saya lebih dipengaruhi sama film yang lagi atau baru beres ditonton atau buku/komik yang lagi dibaca hehehe.

Yang dibuat kemarin kurang lebih :

  • Brown rice pake furikake bikinan sendiri yang rasanya not bad at all!, ga lupa ditambah microgreens.
  • Potato chicken and shrimp cutlets yang dibikin pake air fryer. walaupun ga serenyah deep fried pada umumnya yang direndem pake minyak, tapi menurutku pake air fryer gini masih bisa banget dinimkati kok.
  • Tamagoyaki curang yang sebetulnya cuma dimasak pake pyrex dan pake oven hehehe.
  • Daigaku imo, karena sebagai team ubi, ini adalah salah satu cemilan manis favoritkuu.
  • Simple salad yang sangking simplenya ga pake dressing. Simply karena keabisan bahan-bahan buat bikin dressing haha.
  • Edamame besar kukus yang aku lupa apa ya nama aslinyaaa.
  • Semangka dimangkok kecil banget karena sisa semangka dikulkas memang tinggal segitu.
  • Ocha sisa oleh-oleh dari ifa, adiknya riza.

Menurutku ga harus belanja heboh untuk bikin acara makan spesial dirumah. Manfaatin makanan yang ada dengan sedikit niat dan upaya disana-sinipun bisaa. Ehya, semua ini ga saya share ya resepnya soalnya bikinnya ngarang semua. Tapi kalo mau buat juga bisa googling resepnya, pasti bertebaran kok di internet.

Lalu, kalau mau baca soal saya yang ngarang melulu kalo masak dan ga pernah pake resep, bisa dibaca diartikel ini yaa.

MOOD

Kalo untuk bikin mood tertentu sih, favoritku yang pertama adalah pake bikin blend essential oil. Untuk suasana refresh dan relax, salah satu kesukaan saya pake eucalyptus, blood orange dan ylang ylang. Cara lain yang paling gampang adalah bikin mixtape di spotify atau kalo butuh visual, aku suka chromecast live band kesukaan atau mixtape mv di youtube. Musik yang dipilih bisa disesuaiin sama makanan yang disajiinnya. karena saya bikin lunch set yang agak-agak jepang tapi ngawur. saya bikin mixtapenya lagu-lagu jepang juga. Dari mulai shugo tokumaru, jo hisaishi, dadaray, sampai akira kosemura. Selain itu, saya juga nyiapin beberapa film yang kalau tiba-tiba mood buat nonton keluar, ga usah pake adegan “eh za, nonton apa ya?”, “aku sih bebas”~.

DECORATION

Karena dirumah nyaris ga ada dekorasi, salah satu hal yang menurutku ga kalah penting dan bisa buat pengganti dekorasi adalah dining set dan cutlery. Etsss bukan berarti harus beli baru juga tapiiii hehe. Tentu bisa pake cutlery favorit dirumah masing-masing doong.

Buatku pribadi dining set favorit sejauh ini masih yang berbahan keramik dan kayu. Nah kalau ngomongin soal ini saya bisa agak rewel dan detail nih : Lapisannya sebisa mungkin doff supaya kalau ada keperluan untuk difoto ga mantulin cahaya, Beratnya jangan ngerepotin, ukurannya harus tepat supaya pas dicuci, dikeringin dan ditaruh dimeja ga makan tempat, warnanya ga mendistrak makanan yang disajiin. Selain itu tentu harus dengan lapisan yang foodgrade dan yang terakhir adalah harganya harus masuk akal. Karena ya percuma kalau bagus banget tapi ga kebeli yaaaa hahaha.

Kemarin ini, saya pake koleksi brand punya temanku, Kemala. Pertama kali kenalan sama Dian waktu beli piring kayu Kemala sekitar 4 taun yang lalu kayanya. Sebagai orang yang seneng beli brand lokal, Buat saya pribadi, dian dan kemala itu istimewa. Bukan cuma karena produknya yang saya suka tapi juga pelayannannya. Padahal dulu cuma kenal selewat gara-gara beli aja, tapi dian suka ngasih tips-tips ngerawat piring kayu yang ga bisa disamain sama piring kaca dan sebetulnya agak tricky yaa. Hihi Thankyou dian!! seneng banget rasanya kalo beli produk dan disambut hangat dan baik gini!!.

Salah satu yang menarik juga adalah bikin dokumentasinya, bisa buat kapan-kapan diliat kalo lagi kangen hehe. Bisa pake hp dengan bantuan selfie stick aja atau bisa juga minta tolong fotoin orang rumah atau temen. Kaya semua foto di postingan ini yang difotoin temen saya, tama. Thankyou tam!!, kalo difotoin orang emang enak ya rasanya hahahahah. Eh, abis nulis panjang lebar tentang makanan gini jadi kepikiran pengen lunch set gini deh buat papa mama di bandung terus foto-fotoin mereka pas lagi makan. Ada ide ga, buatin apa yaaa buat merekaaaa?

 

 

 

10 thoughts on “FESTIVE LUNCH AT HOME”

  1. Hai Atit.. W Senang nih baca hal hal kaya gini… #Buatsendirimakananmu hehe
    Kadang nih kalo kebanyakan liat timeline IG orang makan ina ini itu jd latah pengen makan diluar.. Padahal kalo udah keluar bingung mau makan apa.. Kerna kebanyakan semua gitu gitu aja makanan nya dan bisa banget dimasak ala ala dirumah.. #songong
    Dengan baca tulisan kaya gini di IG maupun di blo, memotivasi jiwa yg (banyakan) lemah nya ini.

    1. haihai!!
      thankyouu!!, etapi akupun suka jajan jajan diluar kok hehe, cuma supaya lebih seimbang, makan dan masak dirumah juga tetep dilakuin eheheehhe

  2. Ya ampun mbak atit, samaa akupun, sala satu pet peeves itu kalau dengar tempat umum nyetel lagu sabrina bikin mood langsung ilang 😂

    1. haha iyaaa ini bukan berati sabrina ga bagus atau gimanaaaaa deh seriusan. mungkin lebih personal preferences dan karena sering ga sengaja denger melulu ya jenn?? hehe

  3. Mbak atiiit. For the first time buka blognya dan langsung baca ini gara2 liat snapnya mbak. Suka sekaliiiiii -berkalikali malah hahaha
    Lucu bgt semuasemuanya! Jd pengen pulang. Masakin mama bapak dan dibikin cantik gini. Jd kepikiran nanti kalo nikah,suami dan anak akuuuu bisa ketergantungan sama masakanku. Hahahaha you inspired me bgt mbak!❤❤❤

  4. Mbak atiiit. For the first time buka blognya dan langsung baca ini gara2 liat snapnya mbak. Suka sekaliiiiii -berkalikali malah hahaha
    Lucu bgt semuasemuanya! Jd pengen pulang. Masakin mama bapak dan dibikin cantik gini. Jd kepikiran nanti kalo nikah,suami dan anak akuuuu bisa ketergantungan sama masakanku. Hahahaha you inspiring me bgt mbak!❤❤❤

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *