REVIEW

LEARN ABOUT MY APPLIANCES : REFRIGERATOR – SAMSUNG TWIN COOLING PLUS

Dulu saya pernah nulis di salah satu blog, kalau saya bisa ngabisin lebih dari setengah hari saya di dapur selama beberapa kali seminggu. Hehe ya ga melulu masak kegiatannya. Bisa beragam banget. Kadang beres-beres, kadang rapihin cabinet, kadang cuma nyoba resep-resep gampang atau kadang bikin foodprep atau mealprep buat restock isi kulkas aja. Kesenengan saya buat nguplek di dapur ini juga yang mendasari saya buat ngedesain dapur di rumah. Sebagai arsitek, saya seneng banget bikin desain yang ga cuma mengakomodir keinginan, tapi juga kebutuhan dan karakter penggunanya.

Nah buat pengabdi dapur macam saya ini, salah satu alat yang paling penting keberadaannya adalah kulkas. Inget banget sangking pentingnya, dulu jaman awal-awal nikah dan masih nge-kost sama riza, kita berdua sampe cari kulkas bekas gratisan (sambil nabung sampe bisa beli baru yang sesuai kebutuhan). Emang jodoh, akhirnya dapet hibahan kulkas dari adiknya riza yang mau nerusin kuliah ke luar. Kulkas bekas itu kita pake untuk bisa nge-stock makanan sehari-hari. 2 tahun kemudian setelah pindah ke rumah yang sekarang dan uang tabungan sudah kekumpul, beli kulkas juga jadi salah satu agenda yang direncanain dari awal. Setelah sempet cari-cari, saya dan riza akhirnya milih buat beli Samsung twin cooling plus.

Cerita tentang kulkas yang baru saya pake sekitar setaun terakhir ini, sejujurnya dulu beli Samsung twin cooling plus ini hanya untuk alesan sederhana : Sesuai kebutuhan, lagi clereance sale, masuk budget, besarannya cukup dan desainnya aman. Beda sama barang lain yang kadang suka saya cari-cari dulu bibit bebet bobotnya, sebelumnya saya ga pernah cari tau kelebihan dan kekurangan kulkas karena dulu saya pikir gunanya sama-sama untuk ngedinginin makanan aja. Sisanya sih beda tipis, tapi ternyata setelah make kulkas samsung ini baru cari tau dan mulai ngerasa bedanya.

Oh ya, alesan yang ngedasarin untuk pengen baca-baca dan belajar lagi tentang home appliances yang udah saya punya adalah karena baru kerasa pengaruhnya buat hidup sehari-hari dan ternyata hal kecil macem begini juga ada pengaruhnya buat lingkungan. Karenanya saya juga sempet sampein disini bahwa bisa jadi belajar kenal lebih dalem sama barang-barang elektronik di rumah adalah salah satu cara mudah untuk hidup lebih ecofriendly.

Selama setahun ini dipakai, secara general kelebihan fitur kulkas Samsung twin cooling plus menurutku :

  • Twin cooling plus : Jadi setelah dipelajari, baru ngeuh ternyata twin cooling itu maksudnya di freezer dan fridge masing-masing punya sirkulasi udara sendiri. Atau singkatnya semacam ada aliran udara ganda yang terpisah. They ensures the right temperature and humidity level up to 70% is maintained throughout the fridge and also prevents the odour from the freezer to travel down to the fridge, and vice versa. So no matter where my food is stored, it stays fresh and will retain the original flavour. Pantesan kalau dibandingin sama kulkasku sebelumnya, sayur yang disimpen bisa tahan sedikit lebih lama (which is good).
  • Smart Conversion : Bisa ngerubah freezer jadi fridge atau sebaliknya. Bisa juga non-aktifin salah satu diantaranya. Nah fitur ini ga pernah kerasa butuh sampai kalau rumah mau ditinggal lama dan artinya ninggalin kulkas juga dalam keadaan kosong atau pas lagi ada special event kaya lebaran kemarin yang ternyata saya butuh space kulkas jauh lebih banyak dan ga begitu butuh freezer.
  • Coolpack : Nah kalau fitur yang ini memang baru kepake 2 kali selama setaun. Coolpack yang dimaksud ini letaknya ada di freezer. Bentuknya semacam rak yang ternyata berfungsi sebagai pendingin juga. It’s designed to delay the rise in temperature when power is off, and continues to supply cool air up to 12 hours. Jadi bisa ngejaga freezer tetep dingin walaupun dalam keadaan mati listrik. Buatku yang selalu nerapin foodprep dan meatprep di rumah, adanya coolpack ini ngebantu nenangin hati yang deg-degan sama makanan yang gampang leleh atau yang sensitif sama suhu tinggi pas lagi mati listrik. Mati lampu memang jarang-jarang sih, tapi pernah beberapa kali sampe semaleman. Selain minta koordinasi ija untuk ga buka tutup pintu kulkas dan freezer, adanya coolpack juga ngejaga kondisi daging dan sebagainya tetep disuhu rendah lebih lama.
  • Anti bacterial protector : Jadi salah satu alesan saya ngelakuin foodprep adalah supaya kulkas rapi & bebas aroma makanan yang nyampur satu sama lainnya. Dengan pake container tertutup didalem kulkas sebetulnya memang udah minimalisir aroma campur-campur itu. Tapi masih ada aroma kuat yang kadang agak ganggu contohnya kaya aroma bawang atau keju atau bumbu homemade. Sebenernya dulu dikulkas-kulkas sebelumnya saya selalu pakai serap bau khusus kulkas buat ngebantu netralisir aroma kuat. Nah si anti bacterial protector ini salah satu kegunaannya juga untuk ngejaga udara tetap bersih, nyaring bakteri dan aroma yang ga sedap melalui filter aktif. Lumayan banget jadi ga perlu beli serap bau lagi (yang artinya juga minimalisir sampah! yeay!).
  • Hemat energi dan awet : Setauku kulkas ini secara otomatis bisa nyesuaiin kecepatan bekerja sesuai dengan kebutuhan pendinginan. Efeknya kompresor tetap awet, penggunaan energi jadi lebih efisien, dan lebih tahan lama juga. Ditambah fitur smart conversion diatas yang juga bisa bantu ngatur kulkas sesuai kebutuhan si pengguna. Oh ya, ada jaminan garansi 10 tahun untuk kompresor juga.
  • Tidak bising : Soal kebisingan ini sebenernya 2 jenis, yaitu suara dengung seperti motor listrik/dinamo atau suara getar. Selama posisi kulkas dalam keadaan stabil dan semua bahan makanan ditaruh dengan seimbang dan punya jarak kosong 100mm dari dinding, semua suara yang keluar ga ganggu kok. Setauku sih kompresor biasanya berbunyi dengung karena lagi ada proses kompresi.

Yes,yes. Kelebihan-kelebihan ini bikin aku happy, soalnya ternyata aku ga salah pilih kulkas hehe.

ps : dibawah ini saya juga taruh video (yang saya ambil dari youtube) yang dulu suka saya lihat untuk mempermudah saya buat kenalan sama kulkas ini.

2 thoughts on “LEARN ABOUT MY APPLIANCES : REFRIGERATOR – SAMSUNG TWIN COOLING PLUS”

  1. Aaaahhh ternyata jenis kulkas juga bisa pengaruh untuk yang biasa mealprep atau foodprep, ya. Soalnya di daerahku sering banget mati lampu, akhirnya foodprep dan mealprep terbengkalai karena kadang mati listriknya bisa sampe seharian, jadi sering insecure sama bahan makanan yang disimpen di kulkas ga bertahan lama. Ga masalah sih sebenernya karena aku sendiri ngga kerja, jadi sekarang masak ya tiap kali mau makan hahaha. Cuma kadang kita cape atau males, foodprep dan mealprep itu membantu banget supaya waktu kita lebih efisien dan pekerjaan kita lebih mudah.

    btw mupeng banget sama cara nata isi kulkasnya rapih bangeeeeet, masyaAllaah. goals! hehehe

    oiya kasih saran juga dong mba, cara nata kulkas yang baik dan benar itu gimana. ada yang bilang telur jangan dicampur sama bahan makanan lain karena ada bakterinya apa ya? terus kalo nyimpen ikan dan ayam itu sebaiknya gimana, dan biasanya bertahan berapa hari di freezer atau di fridge-nya?

    sukses dan sehat terus ya, mbaaa. ditunggu jurnal-jurnal kece lainnya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *