CONSCIOUS LIVING HOME CANNING

EASY HOME CANNED TOMATO PASTE

Ga tau kenapa, tapi dari lahir Saya kayanya ga pernah cocok sama rasa saos tomat atau saos sambal botolan. Bukan berarti ga enak sih, cuma ga ngefans aja sama rasanya. Waktu kecil, jamannya makan sosis-kentang-fried chicken-pun ya polosan aja makannya. Pas SD lagi musim makan kerupuk aci putih pake saos/sambel/kecap juga ga bisa ngikutin hype-nya soalnya cuma berhasil nge-gado-in kerupuknya doang. Fast forward ke SMP-SMA mulai kenal baso, cilok, mie ayam, batagor, siomay dll-pun ya tetep no saos-hidup polos aja. Kadang agak iri sebenernya sama teteh-teteh yang jago ngeracik kuah baso terus dimakan nikmat banget sampe ada titik titik keringet diantara idung dan bibirnya, kok kayanya enak banget. Sempet juga diledek culun atau cupu gara-gara menolak saos waktu smp haha.

Balik ke hari ini, Akhirnya sekarang setelah nikahpun jadi terbiasa ga pernah ada saus tomat dan sambel. Tapi karena Riza kadang suka craving saus-saus-an, jadi sekalian ngakalin bikin banyak aja untuk foodprep stock . Oh ya, sebenernya Riza craving katanya gara2 masakanku kadang suka hambar atau ga jelas rasanya (ya namanya juga ngarang ya~), Jadi bikin beginian adalah salah satu cara biar kalo setiap masak rasanya agak hambar (atau keasinan atau ga jelas), Ija tetep bisa makan. Biarpun gitu, bikinnya (tetep) ga pernah pakai resep juga sih haha. Setiap bikin takerannya beda, bahannya juga kadang beda jadi rasanya juga beda-beda sih. Tapi dasar bahannya cuma butuh tomat, bawang2an, gula kelapa/madu, seasalt, black pepper aja. Sisanya sih tambahan aja koook.

Kalo ditanya ribet apa engga? haha ya ribet sih sebenernya, jelas lebih gampang beli. Apalagi tomat masuk kesalah satu bahan makanan dengan level residu perstisida yang tinggi. Jadi selain waktunya yang cukup lama untuk masak, ngerendem – nyuci dan kalau mau lebih aman harus dikupas dari kulitnyapun makan waktu. Hal ini dilakuin supaya seengganya bisi minimalisir residu pestisida. Jadi sebetulnya akan lebih aman kalau pakai tomat organik, tapi sebetulnya tomat biasapun bisa kok. Bahkan kalau ga mau dikupas juga gapapa. Asalkan sudah dicuci bersih. Setau Saya lycopene dan beta-carotene ini adanya di kulit tomat, jadi baik juga buat dikonsumsi. Karena waktu persiapan dan masak yang lama, Saya biasanya bikin sekalian banyak aja supaya ga rugi haha. Sementara enaknya kalo beli selain lebih praktis, cepet, rasanya juga stabil ya mungkin. Tapi kalo ditanya akan coba beli apa engga?, jawabannya sejauh ini sih engga akan hehe. Selain karena Saya bisa punya kontrol penuh tentang apa yang Saya masak dan konsumsi, rasanya bisa kita adjust sendiri, benefit-nya tomat juga kayanya bisa lebih baik kalau dibikin sendiri. Hasil dari googling sih benefit dari ngonsumsi makanan yang mengandung tomat, antara lain :

  • Mencegah kanker, menjaga tekanan darah dan baik buat orang yang kena diabetes.
  • Kaya nutrisi, vitamin dan mineral
  • Bisa membantu mengurangi bahaya asap rokok yang kita hirup, karena mengandung coumaric acid dan chlorogenic acid yang bisa membantu mem-protect diri dari carcinogens yang di produksi oleh rokok

 

INGREDIENTS :

  • 8-15          tomat – makin merah warnanya makin cantik hasilnya (potong kecil)
  • 1-2            bawang bombay (iris tipis)
  • 10 siung   bawang putih (geprek – aduh ini bahasa indonesianya apa yah?)
  • 1 Tsp        Olive oil
  • Herbs, Sea salt, Ground black pepper, coconut sugar / honey  (Tambahin secukupnya aja karena selera setiap orang beda-beda)

METHODS :

  • Cuci bersih tomat. bisa juga di kupas kulitnya, Lalu potong kecil.
  • Masukin cooking oil, bawang putih dan bawang bombay. Tumis sebentar sampai beraroma. Bisa pakai pan biasa atau stockpot dan slowcooker.
  • Masukin Tomat, sambil teken2 sesekali (ditekennya agak dibejek gitu sih sebenernya supaya tomatnya agak ancur), pakai sendok kayu atau silicone cooking spon.
  • Kalo mau sabar, kadang dengan dibejek-bejek dan ketemu panas yang konstan, si tomat biasanya juga bakal ancur. tapi kalo mau cepet bisa di blender. handblender atau blender biasa will do kok. Setelah diblender biasanya ada yang lebih suka disaring lagi jadi hasilnya halus banget. Atau ada juga yang ogah rugi kaya Saya jadi ga disaring.
  • Masak sampai mendidih, lalu kecilin api untuk dimasak lagi sekitar 10-20 menit. matiin apinya.
  • Masukin Herbs, Sea salt, Ground black pepper, coconut sugar / honey sambil dicicip. karena biasanya tomat sendiri udah kaya rasa.
  • Setelah rasanya pas dan agak dingin. Bisa ditempatin di jar kaca yang udah disterilin. Tunggu sampai dingin sebelum ditutup dan dimasukan ke dalam kulkas atau bisa juga disimpan di suhu ruangan dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

 

NOTES :

  • Pada dasarnya saya ga pernah masak pake resep dan takaran, jadi feel free kalau kalian mau modif resepnya dengan selera kalian atau bahan yang ada di rumah.
  • Sea salt, black pepper dan coconut sugar bisa diganti dengan garam,merica dan gula tipe apapun.
  • Untuk minyaknya, Saya rekomen pake olive oil yang khusus untuk numis. Tapi pake minyak masak apapun bisa kok.
  • Herbs yang Saya rekomen : basil! (apalagi yang seger, enak banget!), bay leaves atau oregano.
  • Semua herbs bisa diganti dengan yang segar atau yang kering ya. Yang gampang didapet aja hehe.
  • Kalau lagi ada stock, biasanya suka Saya tambahin smoke paprika, cayenne pepper, chili flakes dan ground nutmeg. Tapi kalo lagi abis, ya gapake.
  • Untuk masak tomat, setau Saya lebih baik hindarin alat masak aluminium. Soalnya high acid content yang ada di dalem tomat bisa bereaksi terhadap bahan aluminium yang akibatnya bukan cuma perubahan rasa tapi juga efek buruk buat kesehatan. (bisa digoogling lebih jelasnya yaa)
  • Masukkan ke jar yang sudah dipersiapkan, tunggu sampai dingin sebelum ditutup dan dimasukan ke dalam kulkas atau bisa juga disimpan di suhu ruangan dan jauhkan dari sinar matahari langsung.
  • Jangan lupa untuk memberikan label produksi. Pasta tomat ini bisa bertahan lebih dari 3 bulan. Pastikan pasta tomat selalu diambil menggunakan alat makan yang bersih. 
  • Trust your sense! kalau warna, aroma dan rasa sudah berubah dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan, coba untuk cek ulang apakah masih bisa dimakan atau engga 🙂

10 thoughts on “EASY HOME CANNED TOMATO PASTE”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *