CONSCIOUS LIVING DECLUTTERING & ORGANIZING WASTE MANAGEMENT

COLLECTING PAPER, TOTE AND PLASTIC CARRIER BAGS FROM MY (3 YEARS) EVERYDAY LIFE.

Dulu waktu SMA pernah punya mindset gini :

“Ya gapapa pake kantong plastik asal nanti dipake buat plastik sampah dulu dan ga langsung dibuang.”

Lalu ada peningkatan dikit pas kuliah gara-gara ngedenger ceramah greenpeace di jalan (haha) dan ditambah dengan mulai nonton film dokumenter dan ted x. Mindsetnya berubah, jadi :

“Sebisa mungkin hindarin plastik yang ga perlu kalau lagi belanja.”.

Nah, jadi mungkin perjalanan mencoba ngurangin sampahnya kira-kira dimulai dari kuliah lah yaa, walaupun kalo dulu sih masih angin-anginan ngehindarinnya. Barulah beberapa tahun belakangan mulai agak (lebih) serius.

Dari mulai saat itu, (hampir) setiap harinya berusaha menghindari dan mengurangi carrier bag, apapun bentuk dan bahannya. Eh tapi tetep aja ya pas dikumpulin ternyata dalam 3 tahun ini hasilnya tetep banyaaak. Kalau diinget – inget lagi, rata2 ga bisa kekontrol kalau udah order online atau gofood. Biasanya plastik/packaging-nya bisa double-double banget. Sementara kalau pergi sendiri biasanya lumayan bisa di minimalisir dengan bawa totebag tambahan (kecuali totebag-nya ga cukup dan lagi ga bawa mobil jd terpaksa harus ada carrier bag tambahan – alesan hehe). Sempet nyobain ngembaliin carrier bag ini ke beberapa supermarket/brand yang bersangkutan, tapi dengan berbagai alasan, memang cuma sedikit banget (bangeettt) yang mau nerima dan dipakai lagi sama mereka. Sekarang sambil masih tetep berusaha bersiasat gimana caranya mereduce dan mereplacenya, semua carrier bag ini akan di-reuse semaksimal yang saya bisa untuk kebutuhan sehari2.

Yang paling pertama saya lakuin adalah berusaha ngumpulin dan “kenalan” sama jenis carrier bag yang saya terima. Ternyata dari tumpukan-tumpukan itu bisa dibagi jadi 4 kategori. Lalu dilipet-lipet dan semuanya dimasukin ke boxbox ini. Supaya mudah dan rapi, dibagi sesuai kebutuhannya :

  • Plastic bag : Untuk sampah sehari-hari tapi di buangnya pas udah bener2 penuh. Tips buat ngehindarin cicak masuk : saya biasanya ngebagi antara sampah food dan nonfood, trs ditutup pake klip setiap lagi ga dipake,alhamdulillah amaan~.
  • Trash bag   : Dipakai cuma pas lagi ada event besar atau keperluan sampah yang banyak aja, jadi ga mubazir.
  • Tote bag     : Buat belanja bulanan atau dilipet dan dibawa pas lagi pergi-pergi buat persediaan di tas, siapa tau tiba-tiba ada diskonan.
  • Paper bag  : Buat naro bawang atau umbi-umbian atau beli roti/sayur atau dikompos atau buat ngasih gift ke orang.

Biar gampang buat diakses dan aman dari clutter, semua box ini saya taro di kabinet dapur. Kalau ditanya gimana keadaan box-nya sekarang, isinya mulai sedikit-sedikit berkurang, terutama plastic bag-nya. Itu tandanya upaya saya untuk minimalisir konsumsi sampah (dari produce sampai carrier) mulai kelihatan hasilnya, HORE!! Oya berkurangnya plastik2 sampah itu juga tanda bahwa saya masih banyak nyampah dirumah sehari-harinya walaupun udah ga seenak udel banget kaya dulu hehe. Sambil terus pelan-pelan belajar ngurangin sampah, saya mulai cari alternatif lain untuk media tempat sampah selain plastik (karena plastik di rumah bener-bener mulai abis). Nanti sambil saya trial error mungkin akan coba saya share juga yaa.

Photo: www.livingloving.net

Walaupun sebenernya cuma baru perubahan kecil, tapi ini booster banget dan bikin makin semangat untuk bikin perubahan-perubahan yang lain hehe. Rasanya tuh kayak no one can’t do everything but anyone can do something gituu~

 

14 thoughts on “COLLECTING PAPER, TOTE AND PLASTIC CARRIER BAGS FROM MY (3 YEARS) EVERYDAY LIFE.”

  1. Aku ko lebih tertarik sm cara mbak nge-organized plastik2 ya, rapiih banget, bakal mantengin tulisan2 mba Atit selanjutnya nih, request soal penataan rumah dong mba, esp dapur

  2. hihiii salfok sama air purifier nya, punya aku tapi berubah warna jadi kuning karna kejemur sinar matahari.. ada ide ga atiit gimana supaya bisa kinclong putih lagi yaaa hikss..
    thank u

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *